AIUEO.CO.ID,KOTA JAMBI – Dalam upaya mewujudkan Kota Jambi Bahagia, Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi menggandeng Kementerian Ekonomi Kreatif serta Komunitas Lokal Ekonomi Kreatif (Tiktok dan Tokopedia) untuk menggelar Workshop Emak-emak Matic (Emak-emak Melek Teknologi), Kamis (16/10/2025), di Aula Griya Mayang, Rumah Dinas Wali Kota Jambi.
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wali Kota Jambi, Dr. dr. H. Maulana, M.K.M, dan dihadiri oleh Wakil Wali Kota Diza Hazra Aljosha, S.E., M.A, Anggota DPRD Kota Jambi Djokas Siburian, Direktur Konten Digital Kemenparekraf Yuana Rochma Astuti, serta Head of Public Policy and Government Relations Tokopedia dan TikTok Hilmi Adrianto, bersama sejumlah pejabat Pemkot Jambi.
Workshop satu hari ini diikuti 100 peserta emak-emak terpilih melalui seleksi digital. Program ini bertujuan memberdayakan perempuan agar mampu menjadi kreator konten berpenghasilan dan berdaya secara ekonomi melalui pemanfaatan teknologi digital.

Wali Kota Maulana menyampaikan, kegiatan ini sejalan dengan program prioritas Balikat (Balai Latihan Kerja Tematik) yang fokus pada peningkatan kapasitas masyarakat.
“Kegiatan ini selaras dengan program prioritas kami, dengan melatih emak-emak agar melek teknologi. Meskipun ada efisiensi anggaran, program yang menyentuh kesejahteraan rakyat akan terus berjalan,” ujar Maulana.
Ia menambahkan, Pemkot Jambi terus berupaya memperluas kerja sama lintas sektor.
“Kami tidak hanya mengandalkan APBD, tapi juga berkolaborasi dengan Pemerintah Pusat dan berbagai pihak, seperti dalam kegiatan hari ini,” jelasnya.
Sementara itu, Hilmi Adrianto dari Tokopedia dan TikTok menyampaikan dukungannya terhadap pemberdayaan perempuan di Kota Jambi.
“Kami bangga bisa berkolaborasi dengan Pemkot Jambi. Program ini membantu perempuan menjadi melek teknologi dan membuka peluang ekonomi baru melalui dunia digital,” katanya.
Direktur Konten Digital Kemenparekraf Yuana Rochma Astuti juga berharap peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini secara optimal.
“Manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin, karena para narasumber dari TikTok dan Tokopedia akan berbagi ilmu praktis seputar konten digital dan afiliasi,” ujarnya.
Melalui workshop ini, para peserta akan mendapatkan pelatihan langsung tentang pembuatan video kreatif, strategi personal branding, teknik afiliasi, serta cara mencapai FYP di media sosial — tidak hanya secara teori, tetapi juga melalui praktik langsung.(*)












